blog-indonesia.com

Rabu, 20 Oktober 2010

PLN Target Tambahan 6 Ribu Megawatt dari 40 Proyek Baru

MI/Faisol Taselan

JAKARTA--MICOM: Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara Dahlan Iskan mengatakan PLN menargetkan tambahan 6 Ribu Mega Watt dari sekitar 40 proyek yang tendernya sudah dimulai tahun ini.

Sejumlah proyek itu meliputi proyek di Sumatra Selatan, Jawa Tengah, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Totalnya 6 ribu Megawatt meski nantinya proyek itu tidak akan selesai bersamaan, ada yang 2 tahun, 3 tahun, dan 4 tahun," kata Dahlan di sela-sela China-ASEAN Expo 2010 di Nanning Inernasional Convention dan Exebition, China, Selasa (19/10).

Dahlan mengatakan, 40 proyek ini bernilai Rp50 triliun. Untuk itu dia mengharapkan mulai tahun depan proyek ini sudah berjalan dan pemenang tender sudah diumumkan pada akhir tahun ini.

Salah satu proyek terbesar adalah Pembangkit Listrik Tenaga Batubara di Pemalang Jawa Tengah. Pembangkit ini ditargetkan bisa menghasilkan 2 x 1000 MW.

"Pembangkit listrik ini namanya super-super kritikal. Ini belum pernah ada," katanya.

Dia mengungkapkan khusus pembangkit di Pemalang akan diselesaikan selama 4 tahun. Sehingga, kata dia, total energi yang beroperasi mencapai 46 ribu Megawatt.

PLN, lanjut Dahlan, juga akan melanjutkan proyek penambahan sumber daya listrik dari pembangunan pembangkit listri daya sinar matahari pada tahun 2011. Hal ini akan mulai dikembangkan di 5 daerah. Targetnya, sejumlah pulau terpencil dipaksa tidak menggunakan generator.

"Nanti diharapkan mulai 2013 bisa dikembangkan 1000 pulau di Indonesia Timur," katanya. Karena, Indonsia timur memiliki potensi sinar matahari yang cukup banyak dengan kualitas baik.

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara Mustafa Abubakar menyatakan dalam pertemuan Energy Forum di China, Indonesia membuka investasi negara China terjun dalam pengembangan sumber energi sinar matahari ini. Cina telah berhasil mengembangkan energi surya yang berhasil di China. (OL-3)


Mediaindonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More