blog-indonesia.com

Minggu, 03 Oktober 2010

Pertumbuhan Trafik Data Kalimantan Tertinggi

Sekitar 20 persen penduduk Kalimantan berlangganan layanan broadband.

VIVAnews - Jumlah pengguna layanan data dari operator seluler terus meningkat di berbagai kawasan di seluruh Indonesia. Pertumbuhan tersebut juga terjadi di luar Ibukota dan di luar Jawa.

Menurut data terakhir Telkomsel, secara total, Kalimantan tercatat berada di peringkat kedua secara nasional untuk jumlah pelanggan, trafik data, serta revenue bagi operator itu setelah wilayah Jabodetabek.

Sebagai informasi, dari sekitar 14,5 juta penduduk Kalimantan, 20 persen di antaranya berlangganan layanan broadband. Meski masih di bawah Jabodetabek, tetapi dari sisi pertumbuhan trafik, kawasan tersebut tumbuh paling pesat. Demikian pula jika dibandingkan dengan wilayah-wilayah lain di seluruh Indonesia.

“Tingginya pertumbuhan trafik data menandakan tingginya kebutuhan untuk itu, Kalimantan perlu mendapatkan prioritas,” kata Sarwoto Atmosutarno, Direktur Utama Telkomsel, pada keterangannya, 3 Oktober 2010. “Salah satu cara yang kami lakukan adalah menjadikan seluruh ibukota provinsi di pulau ini menjadi broadband city,” sebutnya.

Sarwoto menyebutkan, setelah pulau Jawa, hanya di Kalimantan saja yang seluruh ibukota provinsinya sudah mendukung layanan internet kecepatan tinggi. “Tidak di Sumatera, Sulawesi, atau pulau-pulau lainnya,” ucapnya.

Palangkaraya, sebagai ibukota terakhir di Kalimantan baru-baru ini diresmikan sebagai broadband city di mana penduduknya dapat menikmati akses internet hingga kecepatan 14,4mbps. “Palangkaraya menjadi kota ke-25 yang menyediakan internet dengan kecepatan tersebut,” ucap Sarwoto.

Sebelum ini, kawasan yang sudah mendukung akses internet cepat adalah Banda Aceh, Medan, Padang, Batam, Pekanbaru, Palembang, Lampung, Jabotabek, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Solo, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Pontianak, Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Manado, dan Makassar.



VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More