blog-indonesia.com

Kamis, 21 Oktober 2010

Pembangkit Tenaga Daun dari Arifin Panigoro

Akhir tahun 2010, pembangkit listrik tenaga daun siap dimanfaatkan oleh masyarakat.

Arifin Panigoro (kanan) terima doktor honoris causa dari Rektor ITB (Antara/ Rezza Estily)

VIVAnews - Pengusaha Arifin Panigoro berhasil menciptakan pembangkit listrik listrik tenaga daun. Bagi sebagian orang ini terdengar aneh, tetapi hasil karya pengusaha migas itu kini siap dinikmati seluruh masyarakat Indonesia.

"Akhir tahun 2010 mendatang, pembangkit tenaga daun siap diluncurkan dan dipergunakan kepada seluruh masyarakat Indonesia," kata Arifin Panigoro, usai memberikan kuliah umum kepada 800 calon wisudawan Institut Pertanian Bogor (IPB), Selasa 27 Juli 2010.

Lalu apa yang melatar belakangi Arifin untuk membuat pembangkit listrik dari sampah daun ini. Menurutnya, energi sumber daya alam yang dipergunakan sebagai tenaga listrik sudah mulai kritis keberadaannya, sebagai alternatif, daun-daunan bisa juga menghasilkan listrik.

"Awalnya saya berfikir bagaimana mengatasi kekurangan listrik tanpa mengeluarkan biaya besar. Saya mencoba membuat pembangkit dari bahan daun-daunan, dan melalui penelitian ternyata daun dapat juga menghasilkan tenaga listrik," tuturnya.

Karena itu, bersama mahasiswa dan 800 wisudawan IPB, Arifin mengajak menciptakan dan mengembangkan alat pembangkit listrik daun, serta meminta masyarakat Indonesia agar tidak sembarangan menebang pohon yang tersebar di berbagai daerah Indonesia. Apalagi, dari hutan, pohon dan daunnya dapat dimanfaatkan.


VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More