blog-indonesia.com

Sabtu, 09 Oktober 2010

Mulai November, Mobile-8 Jajal CDMA EVDO Rev-B

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mobile-8 Telecom Tbk tampaknya tidak cukup puas menyediakan Mobi, layanan mobile broadband internet berbasis teknologi CDMA Evolution Data Only Revision A (EVDO Rev A) untuk pelanggannya. Mulai November nanti perusahaan pemegang merek dagang smartfren tersebut akan melakukan uji coba teknologi EVDO Rev B sebelum dipasarkan secara komersial mulai awal tahun depan.

Lukas Heriyanto, Direktur Teknik Mobile-8 menyebut saat ini tim pengembangan perseroan tengah mengembangkan teknologi EVDO Rev B. "Dengan Rev B pelanggan bisa menikmati akses kecepatan download sampai 9,3 Mbps. Sementara saat ini Rev A baru sampai 3,1 Mbps. Jadi bisa dipastikan pelanggan bisa lebih cepat lagi menikmati internet," kata Lukas, Kamis (7/10/2010).

Selain meningkatkan kecepatan, Mobile-8 juga akan memperluas jaringan teknologi berbasis EVDO Rev tersebut. Saat ini EVDO Rev A sudah bisa dinikmati di tujuh wilayah, yaitu Jabodetabek, Bandung sebagai wilayah perintis. Lalu saat ini dikembangkan lagi di lima wilayah yaitu Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Malang.

"November nanti, di tujuh kota itu akan dilakukan percobaan layanan EVDO Rev B. Sementara kota-kota seperti Makassar, Manado, Medan, Palembang Lampung, Banjarmasin, dan Balikpapan bisa menikmati EVDO Rev A," jelasnya.

Sayangnya dari awal pembicaraan sampai akhir, Lukas tidak juga mengungkapkan berapa nilai investasi yang ditanamkan perseroan untuk mengembangkan EVDO Rev B. Namun, Lukas berjanji tarif internet Mobi nantinya bisa lebih rendah dibanding saat ini.

"Karena dengan semakin banyak pelanggan, maka cost per subscriber bisa turun. Lalu dari sisi kilobyte, ketika jumlah pelanggan banyak internet bandwith bisa lebih murah. Saat ini kapasitas kami 400 Megabyte, November nanti kapasitas akan ditingkatkan menjadi 800 Megabyte," kata Lukas.

Sementara dari sisi biaya produksi pada 2008 lalu, cost Megabyte per bulan 200.000 dollar AS sekarang 100.000 dollar AS.

"Diharapkan tahun depan costnya bisa turun lagi. Tren penggunaan data akan terus naik karena pengguna jejaring sosial juga akan bertambah. Jadi EVDO Rev B dipastikan tarifnya akan turun," ungkapnya.

Yolanda Nainggolan, Division Head Marketing Communications Mobile-8 menyebut sampai akhir tahun lalu jumlah pelanggan datanya sebanyak 70.000. Tahun ini perseroan menargetkan jumlahnya meningkat dua kali lipat.(KONTAN/Gentur Putro Jati)


KOMPAS

Mobile-8 Tawarkan Paket Modem Rp299 Ribu

BERNIAT memasang akses internet di rumah? Mobile Broadband Internet Mobi dari Mobile-8 Telecom mungkin bisa menjadi pilihan. Layanan berbasis teknologi CDMA EVDO Rev A itu dipasarkan dengan harga Rp299 ribu, sudah termasuk pajak.

Dengan membayar Rp299 ribu, Anda akan mendapatkan USB modem 3,5G CDMA EVDO Rev A berikut nomor Mobi. Berbekal USB modem dan nomor Mobi, Anda dapat mengakses internet yang tarifnya Rp0,1/KB serta menikmati bonus 50 persen untuk lima kali isi ulang.

''Mobi adalah layanan internet 3,5G CDMA termurah di pasar Indonesia saat ini,'' ungkap Direktur Sales dan Marketing Mobile-8 Telecom Juliana Dotulong.

Pihak Mobile-8 mengklaim pula kalau Mobi mendukung proses pengiriman dan penerimaan file-file berukuran besar dengan cepat dan mudah. Selain itu, ujar Juliana, Mobi juga merupakan jawaban bagi pengguna yang ingin mengunggah foto ke laman situs pertemanan Facebook atau YouTube.

Layanan itu kini tersedia di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Malang. Kecepatan unduh (download) yang ditawarkan mencapai 3,1 Mbps. Sementara unggah (upload) hingga 1,8 Mbps. (Noy/X-12)


mediaindonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More