blog-indonesia.com

Senin, 18 Oktober 2010

Gandeng ITB, TRG Investama Kembangkan Cloud Computing

JAKARTA - Cloud Computing makin marak. Konsep yang juga disebut komputasi awan ini menunjukkan adanya pergeseran internet, dari sebatas media komunikasi dan informasi, kini multifungsi menjadi media komputasi. TRG Investama melihat peluang ini dan mengembangkan teknologi tersebut di Indonesia dengan menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Dari sisi bisnis, teknologi cloud computing memungkinkan organisasi pengguna sistem informasi untuk meminimalisir investasi. Virtualisasi, standarisasi dan fitur mendasar lainnya dari Komputasi Awan dapat mengurangi biaya Capital Expenditure (Capex) yang dikonversi menjadi Operational Expenditure (Opex) sehingga lebih mudah dikelola. Tidak hanya itu, pemanfaatan cloud computing juga dapat menyederhanakan pengelolaan layanan system informasi dan mempercepat penghantaran layanan," ujar Direktur Utama PT Teknologi Riset Global Investama, Gatot Tetuko, di Jakarta, Senin (18/10/2010).

Menurut Gatot, kelebihan-kelebihan inilah yang mendorong TRG Investama untuk berinvestasi mengembangkan teknologi cloud computing di Indonesia. Mereka memutuskan untuk memberi nama layanan tersebut dengan IndonesianCloud.

Untuk mengembangkan layanan ini, TRG Investama menjalin kerjasama dengan ITB (Institut Teknologi Bandung) sebagai perguruan tinggi yang memiliki fasilitas berupa laboratorium, tenaga terlatih serta perlengkapan dan peralatan penunjang lainnya.

Dalam kerjasama ini, ITB akan melakukan penelitian dan pengembangan di bidang cloud computing yang meliputi konten, sistem komputasi, sistem komunikasi serta integrasi ketiga sistem tersebut. Sebagai sebuah institusi pendidikan dan penelitian inovasi, ITB juga akan melakukan telaah konten-konten spesifik yakni PaaS (Platform as a Service), SaaS (Software as a Service) dan IaaS (Infrastructure as a Service). Aktivitas-aktivitas tersebut ditujukan untuk mendukung program-program organisasi-organisasi yang membutuhkan sarana cloud computing.

"Kami merasa bahwa institusi-institusi di Indonesia perlu memeriksa kembali investasi yang mereka keluarkan untuk infrastruktur teknologi. Jika ada teknologi yang memungkinkan investasi dapat diminimalisir, kenapa harus berinvestasi tinggi?" ujar Gatot.

Bagi Gatot, cloud computing cukup penting di lingkungan bisnis, tidak heran jika kemudian institusi-institusi mulai memikirkan untuk mengganti infrastruktur IT dengan virtual data center, mengkonsolidasikan data center dan kegiatan operasional, dan akhirnya mengadopsi model kerja cloud computing.

Sementara itu Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat M. Eng, Guru Besar Teknologi Informasi ITB, menjelaskan bahwa kerjasama penelitian dan pengembangan inovasi cloud computing ini akan memunculkan tantangan-tantangan serta tanggung jawab baru.

"Tentunya nanti akan ada beberapa proyek percobaan kecil yang akan melibatkan pemanfaatan teknologi ini secara luas supaya kita bisa mengidentifikasi layanan dasar dan solusi yang dibutuhkan oleh perusahaan maupun institusi dalam kerangka bisnis cloud computing," jelas beliau.

TRG Investama sendiri adalah perusahaan investasi yang memfokuskan diri pada inovasi dan pengembangan teknologi di Indonesia. Dengan dorongan untuk mengembangkan teknologi baru, didukung dengan advance engineering dan manajemen yang berkualitas, TRG Investama bertujuan untuk menciptakan industrial powerhouse di Indonesia melalui anak perusahaannya. (srn)

Okezone

Cloud Computing Mampu Tekan Investasi TI Perusahaan


JAKARTA - Teknologi Cloud Computing akan mampu menarik minat perusahaan. Pasalnya Cloud Computing dipercaya dapat menekan biaya investasi dan lebih efisien.

Perusahaan riset International Data Corp (IDC) memperkirakan pendapatan public cloud pada tahun 2014 akan mencapai USD55,5 miliar, meningkat cukup tajam dari pendapatan dua tahun lalu yang hanya mencapai USD16 miliar. Optimisme yang sama juga dilontarkan lembaga riset Gartner yang memprediksi teknologi cloud akan digunakan oleh 80 persen perusahaan kelas atas di dunia untuk meningkatkan daya saing.

Sedangkan perusahaan analis lain, Private Cloud, menyatakan jika pada 2010 enterprise cloud-based akan mencatatkan pendapatan USD12,1 miliar dengan pertumbuhan tiap tahun sekira 43 persen.

Masih menurut Gartner, pada tahun ini nilai bisnis teknologi cloud computing yang dimanfaatkan untuk internet di dunia akan mencapai USD80 miliar dengan tingkat pertumbuhan setiap tahun mencapai 25 persen, hingga kurun lima tahun ke depan.

Cloud Computing sendiri terdiri dari tiga bagian yang berdasarkan layanan, yaitu Software as a Service (SaaS), Platform as a Service (PaaS) dan Infrastructure as a Service (IaaS). Sedangkan jika dilihat dari sisi jangkauan, cloud computing terbagi menjadi Public Cloud, Private Cloud dan Hybrid Cloud.

"Tahun ini diperkirakan produk SaaS akan menguasai segmen cloud computing dengan kontribusi sebesar 70 persen, sementara sisanya datang dari IaaS. Konsep komputasi awan sendiri dianggap cukup menjanjikan karena akan mengubah belanja modal untuk Teknologi Informasi (TI) menjadi biaya operasional sehingga terjadi efisiensi," ujar Direktur Wholes Sales dan Enterprise Telkom Arief Yahya di Jakarta, Senin (18/10/2010).

Ditambahkannya, untuk Indonesia nilai pasar dari komputasi awan masih kecil. Tahun depan diprediksi mencapai Rp2,1 triliun. Dari situ, layanan SaaS memiliki kontribusi sebesar 40 persen. Sedangkan Telkom sendiri diklaim telah menguasai sekira 70 persen pasar Cloud Computing.

"Potensi pasar yang besar untuk ditawarkan solusi komputasi awan adalah pemerintah karena berperan sebagai lokomotif di industri. Pemerintah secara regulasi membuka peluang bagi pelaku usaha, misalnya dengan adanya National Single Windows (NSW). Belum lagi secara belanja Teknologi Informasi (TI) pemerintah daerah dan pusat itu lumayan besar, khususnya untuk pendidikan dan kesehatan. Di pendidikan saja ada alokasi dana 200 triliun rupiah dimana 20 persen untuk belanja TI,” jelasnya.

Berdasarkan catatan, sektor pemerintah rata-rata mengambil porsi 11 persen dari belanja TI nasional yang tahun ini diperkirakan mencapai USD1,731 miliar atau tumbuh 11,9 persen dari tahun sebelumnya.

Disarankannya, untuk pemerintah daerah pun tak segan memanfaatkan cloud computing karena bisa menekan biaya investasi dan membuat adanya efisiensi.

"Pemerintah daerah itu tidak akan head to head secara geografis. Jika cloud computing dimanfaatkan, banyak dana yang bisa dihemat," jelas Arief.

Arief meminta, jika akan ada regulasi yang dikeluarkan pemerintah, faktor yang harus diperhatikan adalah masalah komitmen dari pemain asing untuk menggandeng investor lokal mengembangkan cloud computing.

"Harus ada regulasi yang mendorong kerjasama. Mulai dari pemasaran hingga kepemilikan bersama. Di bisnis software saja banyak sekali pemain asingnya. Padahal ini modalanya kreatifitas," katanya.

Kepala Badan Litbang SDM Kemenkominfo Cahyana Ahmadjayadi menjelaskan, pemerintah pusat sudah mengeluarkan peraturan menteri tentang tata kelola TIK bagi pemerintah daerah untuk berbelanja TI agar terjadi efisiensi.

"Kami juga memberikan beasiswa untuk mencetak Chief Information Officer (CIO) bagi pegawai negeri di daerah agar konsep komputasi awan ini bisa diterima. Soalnya, pemerintah pusat tidak bisa intervensi langsung cara daerah berbelanja. Inilah cara kita mengedukasinya," jelasnya. (srn)

Okezone

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More