blog-indonesia.com

Jumat, 22 Januari 2010

Telkom & LAPAN Genjot Teknologi Satelit

Jakarta - PT Telkom Tbk (Persero) menggandeng Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) untuk kerjasama di bidang pengembangan dan pemanfaatan teknologi satelit dan produk lainnya.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansayh dan Kepala LAPAN Adi Sadewo Salatun di kantor Telkom, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (22/1/2010).

Menurut Vice President Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia, tahap awal kerjasama itu adalah penyertaan personil LAPAN untuk mengikuti program internship pada pabrik satelit Telkom-3 di Rusia.

"Selain itu, kerjasama ini juga mencakup pemanfaatan data Citra-Satelit yang disediakan LAPAN untuk kebutuhan Telkom," katanya.

Telkom juga akan memanfaatkan fasilitas Telemetry Tracking and Command (TT&C) milik LAPAN untuk back-up operasi pengendalian Satelit Telkom-1, 2 dan 3 dalam kondisi darurat, serta kerjasama desain dan perencanaan sistem satelit komunikasi GEO maupun LEO.

Menurutnya, tanggal 30 Januari 2010 mendatang, sebanyak dua tenaga ahli LAPAN dan 5 orang dari Telkom akan berangkat ke Zhelesnogorsk, Krasnoyarsky, Rusia untuk mengikuti internship selama 18 bulan.

Keterlibatan tenaga LAPAN ini memiliki keuntungan bagi kedua belah pihak, di antaranya pertukaran teknologi di bidang satelit dan roket, meningkatkan realibility pengendalian satelit milik Telkom dengan pemakaian stasiun TT&C LAPAN di Biak dan meningkatkan kepercayaan pasar terhadap kemampuan dan kehandalan operasi pengendalian satelit Telkom.( ang / ash )

detikInet

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More